Logo DW

Vaksinasi COVID-19 di Jerman Diprediksi hingga Tahun 2022

Allan Carvalho/NurPhoto/picture-alliance
Allan Carvalho/NurPhoto/picture-alliance
Sumber :
  • dw

Ketua komisi pengawasan vaksinasi Jerman, Thomas Mertens mengatakan pemberian suntikan vaksin COVID-19 untuk 83 juta orang yang tinggal di Jerman dapat memakan waktu hingga 2022.

"Meskipun vaksin akan segera tersedia, pemberian vaksinasi untuk seluruh penduduk pada akhir 2021, menurut saya, tidak akan selesai," kata Mertens kepada Funke Media Group.

Mertens yang merupakan kepala dari 18 anggota Komite Tetap untuk Vaksinasi (Stiko) di Robert Koch Institute (RKI), badan kesehatan publik Jerman untuk pengendalian dan pencegahan penyakit, juga memperingatkan soal "butuh waktu lama" untuk perubahan yang nyata.

"Misalnya, jika Anda memvaksinasi 100.000 orang sehari - dan ini merupakan tantangan - akan membutuhkan 150 hari untuk memvaksinasi 15 juta orang," kata Mertens, menjelaskan upaya besar-besaran yang diperlukan untuk memberikan vaksinasi kepada semua orang di Jerman.

Siapa yang lebih dahulu divaksin?

Mertens menambahkan, prioritas publik untuk orang-orang yang rentan terpapar COVID-19, misalnya orang tua, seperti yang baru-baru ini disarankan oleh Menteri Kesehatan Jerman Jens Spahn, dikhawatirkan dapat menyebabkan perselisihan.

“Bisa saja mereka yang tidak mendapat kesempatan pertama, akan menempuh jalur hukum,” ungkap Mertens.