Logo BBC

Jenazah COVID-19 Bertambah, Petugas Pemakaman Spanyol Mogok Kerja

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Para petugas pemakaman di Spanyol melakukan aksi mogok kerja, guna menuntut penambahan staf karena jumlah kematian akibat Covid-19 terus meningkat.

Serikat pekerja mengatakan, penambahan tenaga kerja dibutuhkan untuk mencegah terjadinya penundaan penguburan jenazah seperti yang terjadi pada gelombang pertama pandemi pada Maret lalu.

Eropa saat ini sedang bergelut dengan gelombang kedua menyusul jumlah kasus dan kematian yang terus meningkat akibat virus corona.

Sejumlah negara memberlakukan langkah-langkah baru seperti jam malam dan karantina wilayah sebagai upaya untuk menurunkan angka penularan.

Pada Sabtu (31/10) kemarin, Austria dan Portugal menjadi negara yang paling buncit mengumumkan aturan pembatasan yang baru.

Para pekerja di rumah duka seluruh Spanyol mengambil bagian dalam mogok kerja pada Minggu (01/11). Aksi mogok ini bertepatan pada Hari Semua Orang Kudus, saat keluarga berziarah ke makam para kerabat yang sudah meninggal.

Salah satu rumah duka di Madrid mengatakan kepada kantor berita AFP, bahwa dibutuhkan 15-20 pekerja untuk menangani lonjakan kematian. Pada Jumat (30/10) lalu, menteri kesehatan mengkonfirmasi kematian 239 orang karena virus corona.