Jelang Pilpres AS, KJRI New York Imbau WNI Hindari Tempat Kerumunan

Negara bagian New York telah membuka TPS lebih awal dari jadwal Pilpres AS.
Sumber :
  • tvOne/ Yanri Subekti (Amerika Serikat)

VIVA – Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) New York menyampaikan imbauan kepada segenap warga negara Indonesia (WNI) di wilayah kerja KJRI New York, terkait penyelenggaraan Pemilihan Presiden Amerika Serikat (Pilpres AS), Selasa, 3 November 2020.

Kemlu: 120 WNI di Ukraina Dipulangkan ke RI, 32 Orang Pilih Menetap

Wilayah kerja KJRI New York meliputi negara bagian Connecticut, Delaware, Maryland, Maine, Massachusetts, New Hampshire, New Jersey, New York, North Carolina, South Carolina, Pennsylvania, Rhode Island, Vermont, Virginia, West Virginia

Imbauan bernomor 223/Kons/New York/XI/2020 itu diterbitkan KJRI New York pada 1 November 2020. Imbauan itu sebagai langkah antisipasi perkembangan situasi penyelenggaraan Pilpres Amerika Serikat. Berikut ini imbauan tersebut:

Kisah WNI Korban Banjir Australia Bertahan di Atap Rumah

1. Warga masyarakat Indonesia diimbau untuk senantiasa menyikapi dan mengikuti perkembangan situasi Pemilihan Presiden Amerika Serikat dengan tenang, namun dengan tetap mengedepankan sikap kehati-hatian dan kewaspadaan.

2. Warga masyarakat Indonesia diimbau untuk sejauh mungkin menghindari tempat-tempat kerumunan massa atau tempat-tempat rawan lainnya yang dinilai berpotensi menjadi lokasi berlangsungnya aksi unjuk rasa atau kerusuhan.

24 WNI Pilih Tinggal di Ukraina Tak Ikut Evakuasi, Mengapa

3. Warga masyarakat Indonesia diimbau untuk selalu memantau pemberitaan media resmi (mainstream) atau imbauan lembaga berwenang terkait perkembangan situasi Pemilihan Presiden Amerika Serikat dan perkembangan situasi keamanan setempat.

4. Warga masyarakat Indonesia diimbau untuk sedapat mungkin tetap tinggal di rumah sekiranya tidak terdapat urusan/kepentingan yang bersifat mendesak.
Sekiranya terdapat urusan/kepentingan yang mengharuskan untuk meninggalkan rumah dan mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi COVID-19, warga masyarakat Indonesia diimbau untuk selalu bersikap waspada dan hati-hati, serta senantiasa memperhatikan protokol kesehatan di antaranya disiplin dalam menggunakan masker dan menjaga jarak fisik (physical distancing) saat berada di tempat/kendaraan umum.

5. Warga masyarakat Indonesia yang memerlukan bantuan Konsulat Jenderal Republik Indonesia New York dapat menghubungi nomor hotline KJRI New York: 347 806 9279, 646 491 3809, 646 238 8721, 929 366 9842, 929 329 4872.

Baca juga: Warga AS Asal Indonesia Antusias Ikuti Pilpres 2020

Laporan Yanri Subekti (tvOne/Amerika Serikat)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya