Logo DW

Fakta Nazi Mencuri Buku Masak Wanita Yahudi, Klaim dari Ras Arya

Propyläen Verlag
Propyläen Verlag
Sumber :
  • dw

Resep Kaiserschmarrn, sejenis panekuk orak-arik manis, strudel apel dan donat spesial untuk musim karnaval hanyalah sebagian dari hidangan di buku masak Alice Urbach yang memiliki lebih dari 500 halaman. Buku itu berjudul "So kocht man in Wien!" atau "Beginilah Cara Kami Memasak di Wina!". Pada tahun 1930-an, hampir setiap rumah tangga di Wina memiliki buku tersebut dan Alice Urbah mendapati dirinya sebagai penulis buku paling laris. Namun, ketenaran itu tidak bertahan lama.

Siapakah Alice Urbach?

Lahir di Wina pada tahun 1886 dari orang tua Yahudi, Alice Urbach memiliki mata biru dan berambut pirang. Kebanyakan orang tua memiliki rencana besar untuk anak-anak mereka, berharap mereka menjadi dokter atau pengacara kelas atas di Wina.

Sebaliknya Alice memiliki kecintaan pada memasak yang ia sudah temukan sejak usia dini. Namun begitu ia tidak berhasil meyakinkan sang ayah dengan kue-kue buatannya.

Ia kemudian menikah dengan seorang dokter yang sayangnya lebih tertarik pada perjudian daripada istrinya. Suaminya meninggal dunia delapan tahun setelah pernikahan mereka, meninggalkan Alice dengan dua anak kecil dan kehidupan yang melarat.

Walaupun berstatus janda, Alice tetap bangkit. Ia mendirikan sekolah memasak, memberikan ceramah tentang masakan modern Wina dengan judul seperti "Resep Cepat untuk Wanita Pekerja", menyelenggarakan pameran seni kuliner dan menemukan layanan pengiriman pertama untuk makanan hangat siap saji di Wina. Ia menafkahi keluarganya sambil terus mengejar hasratnya untuk memasak.

Karina Urbach menceritakan kisah neneknya