Bali Democracy Forum Berlangsung, UMKM Jadi Agenda Topik Penting

Ilustrasi UMKM.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Pemerintah Indonesia lewat berbagai kementerian dan lembaga telah melakukan berbagai kebijakan dan dukungan untuk mendorong sektor UMKM bangkit di tengah pandemi COVID-19. Pemulihan ekonomi dilakukan melalui industri pariwisata dan sektor UMKM di daerah.

Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

Upaya membantu UMKM ini dianggap penting untuk mendorong berjalannya kehidupan demokrasi berbangsa dan negara. Hal ini yang menjadi fokus dalam pembahasan Bali Democracy Forum (BDF) tahun 2020.

Salah satu pilar dalam forum BDF ini adalah pilar ekonomi di mana pada penyelenggaraannya tahun lalu menghasilkan komitmen kerja sama antara Kementerian Luar Negeri dengan PT Bank Rakyat Indonesia untuk pengembangan sektor UMKM. Komitmen itu juga melalui pendidikan dan pelatihan kepada negara berkembang.

Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan Melalui Ekonomi Sirkular

"Tema yang dibawa untuk pilar ekonomi adalah pemberdayaan UMKM untuk pemulihan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan pasca pandemi. Acara ini bertujuan memberi dukungan bagi UMKM Indonesia maupun mitra BDF, untuk bangkit kembali," kata Direktur Pembangunan Ekonomi dan Lingkungan Hidup Kemlu, Agustaviano Sofjan kepada VIVA.

Nantinya dalam forum tersebut akan digelar sharing best practices bagi stakeholders di Indonesia dan negara-negara mitra BDF untuk menghadapi pandemi COVID-19, terutama dalam kebijakan terkait UMKM.

Jamaika Akhirnya Akui Palestina Sebagai Negara, Peringatkan Israel Tarik Pasukan Militer

"Tentu ini peluang untuk UMKM kita. Kita juga akan mendengarkan bagaimana best practices di negara-negara mitra BDF. Dalam rangka sharing ini tentu juga akan berupaya bagaimana UMKM yang ada di negara-negara ini bisa saling berbagi pengalaman, ini yang kita harapkan," ujar Agustaviano.

Pilar Ekonomi BDF ini akan digelar pada 5-6 November 2020 secara hybrid dengan lokasi utama di Bali dan secara virtual. Hal ini untuk menjaga kesehatan dan keamanan sesuai protokol kesehatan. Panel akan menampilkan pembicara dari pemerintah, swasta maupun praktisi dari negara-negara di Asia Pasifik.

[dok. Humas PT BUMI Resources Tbk]

Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) berhasil meraih penghargaan sebagai Perusahaan Wajib Pajak yang memberikan kontribusi terbesar ke negara tahun 2023.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024