Hakim Tolak Gugatan Trump di Georgia dan Michigan

Presiden AS Donald Trump
Sumber :
  • Twitter

VIVA – Hakim negara bagian Georgia dan Michigan menolak gugatan yang diajukan tim kampanye capres AS dari Partai Republik, Donald Trump, yang mempersoalkan keabsahan surat suara dan pengitungan suara di dua negara bagian tersebut.

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Cynthia Stephens, hakim di Michigan, mengaku telah membuat keputusan selama sidang pengadilan pada Kamis, 5 November 2020. Dia berencana mengeluarkan keputusan tertulis pada Jumat ini, 6 November 2020.

"Saya tidak memiliki dasar untuk menemukan substansi terkait suksesnya gugatan ini," kata Stephens dilansir ChannelNewsAsia, Jumat, 6 November 2020.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Pejabat kampanye Trump mengatakan mereka mengajukan gugatan untuk menghentikan penghitungan di Michigan dan mendapatkan akses yang lebih besar ke proses tabulasi suara.

Penasihat senior kampanye Biden, Bob Bauer, menyebut gugatan kubu Trump itu hanya untuk menguji respons publik atas gugatan yang tidak berdasar.

5 Fakta Tewasnya Jenderal Qassem Soleimani, Iran Akan Balas Dendam?

"Itu tidak memiliki tujuan lain selain untuk membingungkan publik tentang apa yang terjadi dan untuk mendukung klaim ketidakberesan mereka yang tidak berdasar," kata Bauer melalui telepon dengan wartawan.

Sementara itu, di Georgia, kubu Trump mengajukan gugatan terkait 53 surat suara yang tidak hadir di Chatham County. Namun, gugatan itu dibatalkan oleh hakim setelah petugas pemilihan di wilayah Savannah bersaksi bahwa semua surat suara itu telah diterima tepat waktu.

Tim kampanye Trump sebelumnya mengatakan mereka juga sedang mempertimbangkan mengajukan gugatan serupa di belasan wilayah di seluruh negara bagian. Hingga berita ini dirilis, juru bicara kampanye Trump belum merespons putusan di Georgia dan Michigan.

Seperti diketahui, tim kampanye Donald Trump telah meluncurkan serangkaian tuntutan hukum di seluruh negara bagian, termasuk satu tuduhan kecurangan dalam pemungutan suara di Nevada, salah satu negara bagian yang strategis, di mana Trump nyaris membuntuti Biden.

Di Pennsylvania, tim kampanye Trump memenangkan putusan banding untuk bisa mengamati petugas pemilu yang memproses surat suara di Philadelphia. Tapi, putusan itu tidak mempengaruhi penghitungan surat suara yang sedang diproses di Pennsylvania.

Juru bicara kampanye Trump, Jason Miller, mengatakan upaya gugatan tambahan diharapkan dan akan difokuskan agar pejabat kampanye bisa mendapat akses ke tempat penghitungan suara.

"Kami benar-benar akan melalui setiap pemungutan suara," katanya tentang penghitungan di Nevada yang diperebutkan dengan panas. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya