Logo BBC

Aung San Suu Kyi diprediksi Menang Pemilu Myanmar

Para pemilih mengenakan masker saat mereka memberikan suara mereka di ibu kota Yangon.-Reuters
Para pemilih mengenakan masker saat mereka memberikan suara mereka di ibu kota Yangon.-Reuters
Sumber :
  • bbc

Penghitungan hasil pemilu Myanmar sedang berlangsung dan Aung San Suu Kyi diprediksi akan menang, meski sebagian wilayah termasuk daerah etnis Rohingya di Rakhine tidak menyelenggarakan pemungutan suara karena alasan keamanan.

Myanmar menyelenggarakan pemilu pada Minggu (08/11) lalu, yang merupakan kali kedua sejak pemerintahan militer berakhir pada 2011.

Jutaan orang memberikan suara dan Suu Kyi diprediksi akan menang telak. Hasil pemilihan diharapkan akan diumumkan paling cepat Senin (09/11) ini.

Suu Kyi mendominasi pemilihan sebelumnya dengan kemenangan telak dan ia berbagi kekuasaan dengan para jenderal yang masih memegang kekuasaan besar.

Pada Minggu (08/11) malam, ribuan pendukung Suu Kyi berkumpul di luar markas partainya sambil mengibarkan bendera dan bernyanyi.

Terlepas dari popularitas Suu Kyi, pamor internasional pemenang Hadiah Nobel dan ikon global itu telah secara dramatis jatuh akibat tanggapannya terhadap krisis Rohingya.

Ratusan ribu Muslim Rohingya melarikan diri dari penumpasan tentara pada tahun 2017 dalam apa yang digambarkan PBB sebagai pembersihan etnis. Tentara di Myanmar mengatakan mereka menargetkan militan.