Logo DW

Sekutu Trump Ucapkan Selamat bagi Joe Biden, Harapkan Awal Baru

Andrew Kelly/REUTERS
Andrew Kelly/REUTERS
Sumber :
  • dw

Ucapan selamat kepada Joe Biden dan Kamala Harris atas proyeksi kemenangan pada Pemilu Presiden Amerika Serikat tahun 2020 mulai berdatangan dari para pemimpin dunia pada Minggu (08/11). Selain dari pemimpin yang selama ini menjadi rival Trump, ucapan selamat juga datang dari para pemimpin yang dikenal sebagai sekutu dekat Donald Trump.

Hingga berita ini diturunkan, Trump masih belum mengakui kekalahannya, tetapi berbagai negara Barat dan Asia menyatakan harapan untuk adanya awal yang baru setelah dikeluarkannya sejumlah kebijakan luar negeri yang kontroversial seperti penarikan dari Perjanjian Iklim Paris dan perang dagang.

Ucapan selamat mengalir dari para pemimpin yang selama ini dikenal sahabat Trump tetapi mengabaikan klaimnya bahwa pemilihan belum berakhir.

Presiden Duterte dari Filipina yang sebelumnya pernah mengatakan bahwa rakyat Filipina dan Amerika akan "mendapatkan kesepakatan terbaik dengan Trump," kini mengungkapkan harapannya untuk hubungan yang lebih baik berdasarkan "komitmen bersama terhadap demokrasi, kebebasan, dan supremasi hukum."

Putra Mahkota Uni Emirat Arab, Mohammed bin Zayed Al Nahyan, yang dekat dengan menantu Trump, Jared Kushner, juga telah menyampaikan ucapan selamatnya kepada Biden dan Kamala Harris lewat Twitter.

Perdana Menteri India Narendra Modi yang juga kerap terlihat akrab dengan Trump di hadapan publik, kini membagikan foto dirinya bersama Biden dan mengucapkan selamat "atas kemenangan spektakuler Anda!"

Sementara Perdana Menteri Inggris Boris Johnson yang juga dikenal sebagai sekutu Trump mengatakan dia berharap untuk dapat “bekerja sama secara erat dalam prioritas bersama kita, dari (masalah) perubahan iklim hingga perdagangan dan keamanan."