Logo ABC

Jaksa Agung dan Menteri Imigrasi Australia Terlibat Skandal Canberra

Jaksa Agung Australia Christian Porter menjalin hubungan intim dengan wanita muda yang bekerja sebagai pegawai salah satu menteri.
Jaksa Agung Australia Christian Porter menjalin hubungan intim dengan wanita muda yang bekerja sebagai pegawai salah satu menteri.
Sumber :
  • abc

Christian Porter, seorang menteri kabinet Pemerintahan Australia pernah mendapat teguran akibat ketahuan berperilaku intim dengan seorang perempuan muda di salah satu bar di Canberra.

- Christian Porter diperingatkan setelah kedapatan "berciuman dan berpelukan" dengan seorang perempuan muda di bar

- Menteri Imigrasi Alan Tudge, yang berada di tempat kejadian memaksa seorang wartawan untuk menghapus foto Christian dengan perempuan tersebut

- Menteri Alan Tudge sendiri menjalin perselingkuhan dengan seorang penasehat medianya

Teguran disampaikan oleh Malcolm Turnbull yang ketika kejadian di tahun 2017 itu menjabat sebagai perdana menteri dan saat itu Christian akan ditunjuk sebagai Jaksa Agung.

Menurut laporan program ABC "Four Corners", Christian menjadi sorotan di antara para staf yang bekerja untuk pejabat di Canberra, setelah kedapatan berperilaku intim dengan seorang perempuan yang bekerja untuk menteri lainnya.

Peristiwa itu terjadi di Public Bar, kota Canberra, ketika Christian masih memiliki istri yang tinggal di Kota Perth bersama anak mereka yang masih balita.

Perdana Menteri saat itu, Malcolm Turnbull menyampaikan teguran itu karena khawatir Christian bisa berisko melanggar sumpah jabatan atau diperas orang akibat perbuatannya itu.

Malcolm mengatakan beberapa saat sebelum menunjuk Christian sebagai Jaksa Agung, ia telah memperingatkan jika ia nantinya akan diberhentikan apabila perilakunya di tempat umum bersama perempuan muda terulang kembali.

Investigasi ABC menemukan bahwa "Larangan Ugal-ugalan" yang pernah disampaikan PM Turnbull ternyata bukan hanya ditujukan kepada Wakil Perdana Menteri waktu itu, Barnaby Joyce, yang juga berselingkuh dengan staf perempuan lainnya.

Larangan tersebut juga ditujukan kepada Christian dan Alan Tudge, yang kini menjabat sebagai pejabat sementara Menteri Imigrasi, Kewarganegaraan, Layanan Migrasi dan Hubungan Multikultural yang juga diketahui berselingkuh dengan stafnya di tahun 2017

Baik Christian Porter maupun Alan Tudge merupakan politisi dari Partai Liberal yang kini memerintah di Australia.

Saat berkampanye keduanya mengusung pentingnya nilai-nilai keluarga.

Malcolm Turnbull menggambarkan perilaku Christian dengan perempuan muda tersebut sebagai "tak bisa diterima".

"Saya bertemu dengan Porter di kantor saya dan menyampaikan kepadanya bahwa saya menerima laporan dia pergi ke tempat umum, mabuk-mabukan, dan didampingi oleh perempuan-perempuan muda," ujar Malcolm.