Logo BBC

Laporan Vatikan Ungkap 2 Paus Gereja Katolik Abai Pelecehan Seks

Theodore McCarrick. Getty Images via BBC Indonesia
Theodore McCarrick. Getty Images via BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Sebuah laporan Vatikan menemukan bahwa dua Paus dan sejumlah petinggi gereja mengabaikan tuduhan terhadap seorang kardinal Amerika Serikat yang belakangan dinyatakan bersalah atas tindakan pelecehan seksual.

Theodore McCarrick, seorang mantan uskup agung Washington DC, didepak dari kepastoran menyusul penyelidikan yang dilaksanakan Vatikan tahun lalu.

Vatikan telah merilis laporan tersebut, yang isinya juga mengulas bagaimana McCarrick dapat terus naik pangkat meski ada tuduhan sejak puluhan tahun lalu.

Menurut laporan itu, bukti kredibel baru muncul pada 2017.

Paus Fransiskus, yang sedang menjabat, kemudian memerintahkan agar penyelidikan dilaksanakan.

Tahun lalu, penyelidikan itu menemukan bahwa McCarrick, kini berusia 90 tahun, telah melakukan pelecehan seksual terhadap seorang remaja laki-laki pada tahun 1970-an. Karena kejadian itu sudah lama, kemungkinan sudah terlambat untuk mengajukan tuntutan pidana terhadap McCarrick jika mengikuti batasan waktu yang diatur dalam undang-undang Amerika Serikat.Apa temuan laporan?

Laporan setebal 450 halaman itu mencakup kesaksian-kesaksian dan puluhan surat, serta transkrip dari arsip Vatikan dan Gereja Katolik di AS.