Logo ABC

Susu Unta Liar akan Dijual jadi Susu Formula Bayi

Susu unta diketahui mudah dicerna dan tidak mengandung zat yang bisa membuat alergi sehingga aman dikonsumsi untuk bayi.
Susu unta diketahui mudah dicerna dan tidak mengandung zat yang bisa membuat alergi sehingga aman dikonsumsi untuk bayi.
Sumber :
  • abc

Satu-satunya pabrik susu unta di Australia Barat telah mengincar pasar susu formula bayi senilai AU$56 miliar. Jika berhasil, tidak hanya akan mendapatkan untung, tapi juga menyelesaikan masalah unta liar Australia.

Susu unta liar:
- Susu unta mudah untuk dicerna dibandingkan susu sapi dan tidak mengandung zat penyebab alergi
- Saat ini pabrik susu formula bayi yang menggunakan susu unta hanya ada di Dubai
- Potensi ini dikembangkan untuk menanggulangi masalah jutaan ekor unta liar di Australia

Susu unta dijual seharga AU$25, atau sekitar Rp250 ribu per liter.

Satu-satunya produsen susu formula unta komersial di dunia saat ini berada di Dubai dengan harga di pasaran untuk 400 gram kaleng susu unta dijual seharga lebih dari sekitar Rp500 per kalengnya. Tapi di China harga susu unta kalengan ini bisa mencapai lebih dari Rp1 juta.

Perusahaan susu Good Earth Dairy, yang berada dua jam dari kota Perth, sudah melakukan percobaan terhadap 80 ekor unta dengan hasil 350 liter susu selama seminggu.

Lebih mudah dicerna

Perusahaan tersebut menghabiskan waktu lima tahun untuk mengembangkan rencana dan teknik dengan beberapa perusahaan susu lainnya agar dapat skala produksi dan memasuki pasar susu formula bayi global.