Logo DW

Perempuan Diimbau Aktif Redakan Kebencian Lewat Dialog

Religions for Peace
Religions for Peace
Sumber :
  • dw

Dialog menutup pintu kebencian, begitulah salah satu kesimpulan akhir yang dibahas selama konferensi virtual Religions for Peace di Lindau, Jerman. Perjumpaan virtual antara lebih dari 1.500 peserta dari berbagai agama dan keyakinan itu menitikberatkan pada peran perempuan sebagai agen perdamaian.

“Keyakinan menjembatani umat beragama untuk mencari persamaan,” kata Sekretaris Jendral Religions for Peace, Azza Karam. Perempuan, menurutnya, memiliki posisi yang unik untuk mengkampanyekan budaya antidiskriminasi dan meredam kebencian atas nama agama.

“Karena justru suara-suara perempuan lintas agamalah yang mampu menciptakan dampak baru dan signifikan di dalam lingkup diplomasi, yang di masa ini sangat dibutuhkan,” imbuhnya.

Salah satu sesi pecahan dalam konferensi menyimpulkan, diplomasi saat ini diyakini tidak lagi hanya menjadi monopoli negara. Tokoh agama dan masyarakat juga bisa dilibatkan untuk menyukseskan misi diplomasi damai.

Konferensi ini dibuat untuk mencari pendekatan baru agar menjamin terjalinnya dialog, bahkan di tengah arus kebencian yang memperlebar jurang permusuhan. Dalam berbagai forum diskusi, workshop dan presentasi atau pembicaraan dua mata, para peserta yang berasal dari seluruh dunia bertukar ide dan gagasan mendefinisikan peran perempuan.

Duta Besar Indonesia untuk Jerman, Arif Havas Oegroseno, menilai setidaknya ada empat aspek yang bisa menopang partisipasi perempuan untuk memajukan diplomasi antaragama, yakni kesehatan, pendidikan, partisipasi ekonomi dan penguatan perempuan di bidang politik.

Kegagalan dialog picu tindak kekerasan