Logo DW

Tanpa Rusia, SpaceX Terbangkan 4 Astronot

REUTERS
REUTERS
Sumber :
  • dw

Perusahaan penerbangan transportasi luar angkasa Amerika Serikat (AS), SpaceX yang didirikan oleh Elon Musk meluncurkan empat astronot ke International Space Station (ISS) atau Stasiun Luar Angkasa Internasional pada hari Minggu (15/11).

Roket Falcon 9 lepas landas dari Pusat Antariksa Kennedy di Florida, membawa tiga orang Amerika yakni Michael Hopkins, Victor Glover, Shannon Walker, dan satu orang Jepang Soichi Noguchi dalam penerbangan berawak kedua yang diluncurkan oleh SpaceX.

Kapsul Crew Dragon yang baru dirancang telah diakui ketahanannya oleh kru mengingat banyak kendala yang terjadi tahun ini, terutama pandemi virus corona.

Kapsul tersebut dijadwalkan tiba di stasiun luar angkasa pada Senin (16/11) pukul 11 malam waktu setempat dan akan menetap di sana hingga musim semi. Penerbangan selama 27 jam itu sepenuhnya dengan sistem otomatis tetapi kru dapat mengambil kendali kapan saja.

Kru Resilience termasuk komandan Michael Hopkins, bersama dengan dua astronot NASA lainnya, Victor Glover dan Shannon Walker. Mereka bergabung dengan Soichi Noguchi yang melakukan perjalanan ketiganya ke luar angkasa setelah sebelumnya terbang dengan pesawat ulang-alik AS pada 2005 dan Soyuz Rusia pada 2009.

Presiden yang diproyeksikan menang pemilu AS Joe Biden memberi selamat kepada NASA dan SpaceX atas peluncuran tersebut, dan menyebutnya sebagai "bukti kekuatan sains."

Sementara itu, Presiden Donald Trump menyebut misi ini "hebat."