Logo BBC

Presiden Peru ini Mundur Usai Aksi Brutal Polisi Tewaskan 2 Mahasiswa

Manuel Merino diangkat jadi presiden pada Selasa (10/11) dan mundur pada hari Minggu (15/11).-Getty Images
Manuel Merino diangkat jadi presiden pada Selasa (10/11) dan mundur pada hari Minggu (15/11).-Getty Images
Sumber :
  • bbc

Presiden sementara Peru, Manuel Merino, mengundurkan diri sehari setelah dua mahasiswa meninggal dalam aksi unjuk rasa menentang pemerintah.

"Saya ingin memberitahukan kepada seluruh rakyat, bahwa saya mengundurkan diri," kata Merino melalui pidato yang disiarkan televisi.

Presiden Merino belum sepekan menjabat dan sebelumnya dikenal sebagai ketua Kongres.

Ia menggantikan President Martin Vizcarra, yang pekan lalu diberhentikan melalui mekanisme pemakzulan, menyusul kasus suap yang diduga melibatkan dirinya. Vizcarra sudah membantah tuduhan suap tersebut.

Para politisi menyerukan pengunduran diri Merino sebagai presiden karena aksi-aksi protes menentang pemerintah dihadapi dengan kekerasan oleh aparat keamanan.

Pada hari Minggu (15/11), 12 menteri yang baru saja ia angkat meletakkan jabatan sebagai protes keras atas brutalitas polisi dan cara Presiden Merino menangani krisis politik.

Para anggota Kongres menggelar pertemuan hari Minggu namun gagal menyepakati figur yang akan menggantikan Merino sebagai presiden. Satu tim yang dipimpin Rocio Silva Santisteban --penulis dan aktivis hak asasi manusia-- ditolak oleh Kongres.