Logo BBC

Demonstrasi Thailand: Demonstran Bikin Kantor Polisi Berlumur Cat

Kantor polisi di Thailand. Reuters via BBC Indonesia
Kantor polisi di Thailand. Reuters via BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Ribuan pengunjuk rasa di Thailand berkumpul di luar markas polisi di Bangkok dan menyiram bagian depan bangunan itu dengan cat, pada Rabu (18/11) malam, sehari setelah aksi yang diwarnai kekerasan menyebabkan puluhan orang terluka.

Didorong kemarahan pada keputusan pemerintah menolak usulan reformasi konstitusi - tuntutan kunci para pengunjuk rasa - serta tuduhan aksi kekerasan oleh polisi, para demonstran melemparkan ember-ember berisi cat warna-warni dan menyemprotkan grafiti pada fasad bangunan markas kepolisian Kerajaan Thailand.

thailand, Bangkok
EPA

Polisi membarikade diri mereka sendiri di dalam markas dan tidak turun tangan.

Thailand telah diguncang oleh unjuk rasa yang dipimpin mahasiswa selama berbulan-bulan. Mereka menuntut reformasi konstitusi, pencopotan perdana menteri negara itu, serta perubahan pada monarki.

thailand, Bangkok
Reuters

Pada Selasa (17/11), Thailand mengalami unjuk rasa yang diwarnai kekerasan terbesar dalam beberapa bulan terakhir, ketika para demonstran bentrok dengan polisi.

Sedikitnya 40 orang terluka setelah pengunjuk rasa melemparkan bom asap dan kantung-kantung berisi cat ke arah polisi, yang membalas dengan meriam air dan gas air mata.