Logo BBC

COVID-19 di AS Kian Parah, Napi Dikerahkan Angkut Jenazah

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Amerika Serikat mencatat kasus Covid-19 sebanyak lebih dari sembilan juta pada awal November, namun beberapa pekan kemudian jumlah kasus meningkat menjadi 11 juta.

Satu kota di Texas barat, El Paso, menjadi salah satu pusat penyebaran tertinggi. Sedemikian kewalahan pemerintah kota, para tahanan turut dikerahkan untuk membantu memindahkan jenazah korban Covid-19 ke truk pendingin.

Kota yang terletak di perbatasan dengan Meksiko ini dikenal dengan lanskap gurun pasir, kompleks militer, dan kondisi terik.

Di tengah kasus yang terus meningkat, asosiasi medis meminta Presiden Donald Trump menyerahkan data Covid-19 kepada presiden terpilih Joe Biden.

tahanan memindahkan jenazah.
Reuters
Para tahanan dikerahkan untuk bekerja di truk-truk penyimpan jenazah.

Dalam surat yang diterbitkan Selasa (17/11), kepala asosiasi medis, asosiasi perawat, dan asosiasi rumah sakit memperingatkan bahwa informasi tentang obat dan kapasitas rumah sakit "harus dibagikan (kepada Biden) untuk menyelamatkan banyak orang".

Mereka meminta informasi itu harus segera diserahkan kepada tim Biden, "secepat mungkin untuk membantu perencanaan strategis guna menjamin perawatan pasien."

Surat itu muncul setelah Biden memperingatkan bahwa korban meninggal akan bertambah bila rencana pemerintahannya dihambat oleh Trump.

Di lapangan, petugas yang kewalahan serta protokol kesehatan yang tidak diterapkan terjadi di banyak tempat di AS, termasuk di El Paso. Inilah lima kejadian di kota tersebut.