Logo DW

Israel dan Bahrain Sepakati Pembukaan Kedutaan dan Visa Kunjungan

Nir Elias/REUTERS
Nir Elias/REUTERS
Sumber :
  • dw

Bahrain dan Israel sepakat untuk membuka kedutaan besar, membangun sistem visa online dan meluncurkan penerbangan mingguan antar negara.

Pada kunjungan resmi pertama para pejabat tinggi Bahrain ke Israel, Menteri Luar Negeri Abdullatif Al-Zayani mengatakan, kesepakatan normalisasi hubungan kedua negara yang ditandatangani 15 September lalu, adalah tanda "perdamaian hangat yang akan memberikan manfaat jelas bagi rakyat kita".

Kedatangan Al-Zayani bertepatan dengan kunjungan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo ke Israel, yang memuji pemulihan hubungan regional yang ditengahi oleh pemerintah AS. Langkah itu, kata Pompeo, adalah sinyal kepada Iran.

Kesepakatan normalisasi "memberi tahu aktor-aktor jahat seperti Republik Islam Iran, bahwa pengaruh mereka di kawasan itu semakin berkurang dan bahwa mereka semakin terisolasi.. sampai mereka mengubah haluan," kata Mike Pompeo yang tampil bersama Menlu Bahrain dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Abdullatif Al-Zayani mengumumkan, bahwa mulai 1 Desember warga Bahrain dan Israel akan dapat mengajukan permohonan visa kunjungan secara online. Dia juga mengatakan sudah mengajukan permohonan resmi untuk membuka Kedutaan Besar Bahrain di Israel dan menambahkan bahwa pembentukan Kedutaan Besar Israel di ibukota Bahrain, Manama, telah disetujui.

Jalur penerbangan Israel-Bahrain dibuka tahun depan

Menteri Luar Negeri Israel Gabi Askenazi, yang dijadwalkan mengunjungi Manama bulan depan, mengatakan dia berharap upacara pembukaan Kedutaan Besar Israel bisa diadakan pada akhir tahun 2020.