500 Nelayan Senegal Diserang Penyakit Kulit Menular Misterius

Penyakit Kulit Menular Misterius Menimpa Nelayan di Senegal
Sumber :
  • independent.co.uk (John Wessels/AFP via Getty Images)

VIVA – Lebih dari 500 nelayan di Senegal dilaporkan terkena penyakit kulit menular secara misterius. Para pria dari beberapa kota nelayan dekat Ibu Kota Dakar mengidap penyakit menular itu saat berada di laut.

Senegal Punya 2 Ibu Negara, BW Walk Out dari Sidang MK

Kementerian Kesehatan dan Tindakan Sosial Senegal mengatakan, langkah-langkah telah diambil. Sementara para pejabat setempat terus menyelidiki dan mengeluarkan larangan melaut selama beberapa hari ke depan.

Berdasarkan laporan, gejala yang diderita para nelayan tersebut di antaranya luka di wajah, beberapa di alat kelamin, sakit kepala dan suhu tubuh yang sedikit meningkat.

Pertama Dalam Sejarah, Senegal Sah Punya 2 Ibu Negara

Baca juga: Kehabisan Miras Tenggak Hand Sanitizer, 7 Orang Tewas

Kasus pertama diperkirakan terjadi pada anak berusia 20 tahun pada 17 November, yang melaporkan gejala ruam melepuh, pembengkakan wajah, bibir kering dan mata kemerahan. Menteri Kesehatan dan Tindakan Sosial, Abdoulaye Diouf Sarr, memastikan penyebab penyakit itu bukan virus.

Diomaye Faye, Kampanye dari Penjara tapi Terpilih Jadi Presiden Termuda Senegal

"Kami mendapat informasi bahwa penyebabnya bukan virus. Kami sedang menyelidiki lebih lanjut. Bersama dengan Gubernur Dakar, kami sedang mencatat penyakit, jumlah kasus dan respons lebih lanjut," kata Sarr, seperti dikutip Independent, Minggu, 22 November 2020.

"Di antara langkah-langkah yang diambil, biarkan gubernur yang bertanggung jawab, larangan melaut selama beberapa hari, penguatan perangkat medis di sekitar distrik, kelanjutan penyelidikan," imbuhnya.

Angkatan Laut Senegal diperkirakan akan dikirim untuk mengambil sampel air untuk dianalisis. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya