Logo DW

Mengapa Donald Trump Akhirnya Terima Transisi Kepemimpinan Biden

Adam Schultz/Biden for President/ZUMAPRESS/picture alliance
Adam Schultz/Biden for President/ZUMAPRESS/picture alliance
Sumber :
  • dw

Administrasi Layanan Umum (GSA) Amerika Serikat (AS) telah memberi tahu Joe Biden bahwa transisi kepemimpinannya dapat dimulai secara resmi. GSA, badan pemerintah yang ditugaskan untuk memulai proses transisi, menyampaikannya melalui surat yang dibuat oleh administrator GSA Emily Murphy.

Surat itu menandai pertama kalinya pemerintah mengakui kekalahan Presiden Donald Trump. Surat ini keluar lebih dari dua minggu setelah Biden dinyatakan sebagai pemenang atau diproyeksikan menang pemilu AS oleh hampir semua badan pengamat utama dan media.

"Ketahuilah bahwa saya mengambil keputusan secara independen, berdasarkan hukum dan fakta yang ada," kata Murphy. Dia menambahkan bahwa dia tidak bertindak di bawah tekanan politik.

"Saya tidak pernah secara langsung atau tidak langsung ditekan oleh pejabat Cabang Eksekutif mana pun - termasuk mereka yang bekerja di Gedung Putih atau GSA — sehubungan dengan substansi atau waktu keputusan saya. Agar lebih jelas, saya tidak diberi arahan apa pun untuk menunda keputusan saya,” tambahnya.

Lewat penetapan itu, tim Biden sekarang akan memiliki dana federal dan kantor resmi untuk melakukan transisi kepemimpinan selama dua bulan ke depan. Hal ini juga memungkinkan Biden dan wakilnya Kamala Harris untuk menerima pengarahan keamanan nasional reguler, yang juga diterima oleh Trump.

Di bawah hukum AS, pemerintahan yang akan memberikan kepemimpinannya harus bekerja sama dengan pemerintahan selanjutnya untuk membantu memastikan stabilitas.

Trump beri tahu GSA untuk melanjutkan 'protokol awal'