AS-Israel Diduga Siapkan Serangan Rahasia ke Iran Akhir Era Trump

Penandatanganan Perjanjian Damai UEA dan Bahrain dengan Israel di Gedung Putih
Sumber :
  • Aljazeera

VIVA – Israel dan Amerika Serikat (AS) diduga tengah merencanakan sebuah operasi rahasia dan akan terus meningkatkan tekanan atas Iran menjelang hari-hari terakhir kepemimpinan Donald Trump sebagai presiden AS.

Bank Mandiri Pastikan Likuiditas Solid di Tengah Gejolak Iran-Israel

Menurut sebuah saluran televisi Israel, disebutkan bahwa AS dan Israel meyakini Iran tidak akan mengambil tindakan militer apa pun sebagai tanggapan atas serangan apa pun sebelum era kepemimpinan Trump berakhir.

Tekanan semakin ditingkatkan atas Iran, dengan tujuan merusak kemungkinan kerja sama dengan pemerintahan baru AS di bawah kepemimpinan presiden terpilih Joe Biden. TV Israel juga melaporkan adanya hubungan antara Israel dan pembunuhan beberapa ilmuwan nuklir Iran.

OJK Beberkan Kunci Hadapi Memanasnya Dinamika Ekonomi Global

Pekan lalu, New York Times melaporkan bahwa agen Israel membunuh orang nomor dua di Al-Qaeda, Abu Muhammad Al-Masri di Teheran pada Agustus atas perintah Amerika. Selain itu, Trump tengah mempertimbangkan opsi untuk mengambil tindakan terhadap situs nuklir Iran, dalam beberapa pekan mendatang.

Namun, penasihat termasuk Wakil Presiden Mike Pence, Menteri Luar Negeri Mike Pompeo, Christopher C. Miller membujuknya untuk tidak melanjutkan serangan militer atas Iran.

10 Negara Bagian Amerika Serikat dengan Standar Hidup Terburuk, Berjuang Melawan Kemiskinan

Mereka memperingatkan bahwa serangan terhadap fasilitas Iran dapat dengan mudah meningkat menjadi konflik yang lebih luas pada pekan-pekan terakhir masa kepresidenannya. (art)

VIVA Militer: Serangan rudal Iran menghantam pangkalan udara militer Israel

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Serangan mengejutkan dari Iran sebagai balasan terhadap Israel yang menyerang pangkalan militer Iran di Damaskus, Suriah, membuat dunia terkejut sekaligus meningkatkan es

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024