Logo BBC

Heboh Meteor Miliaran Rupiah Temuan Pembuat Peti Mati di Tapanuli

Meteorit, AFP via BBC Indonesia
Meteorit, AFP via BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Batu meteor temuannya disebut-sebut bernilai US$1,8 juta atau hampir Rp26 miliar yang menjadikan Josua sebagai miliuner mendadak. Jika dia tidak menerima uang sebesar itu, warganet berspekulasi bahwa dia mungkin sudah ditipu.

Kenyataannya, tidak ada batu meteor yang bernilai puluhan miliar rupiah serta tidak ada yang ditipu.

Bermula dari bongkahan batu menimpa atap rumah

Kejadian bermula pada Sabtu, 1 Agustus 2020. Saat itu, Josua sedang bekerja membuat peti mati di kediamannya yang terletak di Desa Setahi Nauli, Kecamatan Kolang, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

Tiba-tiba Josua mendengar suara gemuruh yang cukup kuat dari atas langit. Tidak berselang lama, terdengar suara dentuman yang sangat keras dari atap rumah.

"Saya terkejut dengar suara dentuman itu, lalu saya periksa ternyata ada bongkahan batu besar yang jatuh menimpa atap rumah saya hingga bocor," kata Josua yang saat itu belum tahu bahwa bongkahan batu tersebut adalah batu meteor.

Josua menyatakan batu yang jatuh tersebut tertanam hingga sedalam 15 centimeter.

"Saat saya angkat, benda itu masih terasa hangat. Saat itulah saya berpikir bahwa benda yang saya angkat tersebut batu meteor yang jatuh dari langit, sebab tidak mungkin ada orang yang melempar batu sebesar itu ke atap rumah," ujar Josua.