Logo DW

Sinyal Kuat Joe Biden Segera Mengakhiri Era America First Trump

Andrew Harnik/AP Photo/picture alliance
Andrew Harnik/AP Photo/picture alliance
Sumber :
  • dw

Setelah menominasikan Antony Blinken sebagai menlu AS yang baru, presiden terpilih Joe Biden menunjuk mantan menteri luar negeri John Kerry sebagai utusan khusus untuk isu perubahan iklim. Biden juga diperkirakan akan menunjuk Janet Yellen sebagai perempuan pertama yang menjadi menteri keuangan. Yellen pernah memimpin bank sentral AS The Federal Reserve selama masa kepresidenan Obama.

Daftar anggota kabinet pemerintahan mendatang yang disodorkan presiden terpilih Joe Biden mencakup banyak perempuan dan warga kulit berwarna - beberapa orang akan mencatat sejarah sebagai yang pertama di pos mereka. Selama kampanye pemilihan presiden, Joe Biden memang telah berjanji bahwa pemerintahannya akan "mencerminkan keragaman Amerika".

Pengacara Alejandro Mayorkas akan diangkat menjadi menteri keamanan dalam negeri, menjadikannya warga Amerika-Kuba pertama pada posisi ini. Avril Haines, mantan wakil direktur CIA, akan dinominasikan sebagai direktur intelijen nasional dan menjadi perempuan pertama yang memegang jabatan itu. Linda Thomas-Greenfield akan menjadi duta besar untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, posisi yang sekarang diperkuat sebagai jabatan setingkat menteri.

Berpaling dari "America First" ala Donald Trump

"Para pejabat ini akan segera mulai bekerja untuk membangun kembali institusi kami, memperbarui dan menata kembali kepemimpinan Amerika untuk menjaga keamanan di dalam dan luar negeri, dan mengatasi tantangan yang menentukan di zaman kita - dari penyakit menular, hingga terorisme, proliferasi nuklir, ancaman dunia siber, dan perubahan iklim,'' kata tim transisi Biden dalam sebuah pernyataan.

Dalam beberapa minggu ke depan, Biden juga bisa menunjuk Michele Flournoy sebagai perempuan pertama yang memimpin Departemen Pertahanan.

Dari Gedung Putih belum terdengar reaksi tim Donald Trump mengenai pengumuman nominasi itu, demikian juga dari kubu Republik. Saat ini Republik masih menguasai Senat AS, namun situasi bisa berubah jika kubu Demokrat bisa memenangkan dua mandat untuk Senat dalam pemilu susulan di negara bagian Georgia bulan Januari mendatang.