Logo ABC

Walau Restui Transisi ke Biden, Donald Trump Tetap Merasa Menang

Presiden Amerika Serikat terpilih Joe Biden sekarang sudah mendapat lampu hijau untuk melanjutkan usaha transisi guna menjalankan pemerintahan yang baru.
Presiden Amerika Serikat terpilih Joe Biden sekarang sudah mendapat lampu hijau untuk melanjutkan usaha transisi guna menjalankan pemerintahan yang baru.
Sumber :
  • abc

Proses transisi pemerintahan di Amerika Serikat dari Presiden Donald Trump ke penggantinya Joe Biden dimulai hari Senin (23/11) waktu setempat, meski Presiden Trump masih belum mengakui kekalahannya dalam pilpres AS.

Transisi kepemimpinan di AS

  • Donald Trump mengatakan akan membantu usaha transisi pemindahan kekuasaan
  • Pihak berwenang berharap transisi akan membantu AS mengatasi pandemi COVID-19
  • Joe Biden sudah mencalonkan beberapa pejabat penting termasuk Menteri Luar Negeri

Dalam unggahannya di Twitter, Presiden Trump mengatakan dia sudah memerintahkan timnya untuk bekerja sama dengan tim Biden dalam proses transisi walau mengatakan masih akan tetap memperjuangkan gugatan hukum.

Keputusan mengenai proses transisi ini diumumkan oleh lembaga bernama General Services Administration (GSA) lewat Pejabat Adminnya Emily Murphy.

GSA dalam sistem pemerintahan di Amerika Serikat adalah lembaga yang menangani masalah-masalah pembelian barang bagi pemerintah dan mendistribusikan penggunaannya.

Dengan keputusan dari GSA tersebut, tim Joe Biden akan bisa menggunakan fasilitas pemerintah untuk mempersiapkan diri bagi kekuasaan presiden baru yang akan mulai berlaku 20 Januari 2021.