Logo BBC

Kisah Tobat Mantan Milisi al-Shabab

BBC
BBC
Sumber :
  • bbc

Kelompok militan Somalia al-Shabab merekrut ribuan prajurit, tetapi juga memerlukan orang untuk memberikan layanan umum di wilayah-wilayah yang dikuasainya. Siapa pun yang tertangkap membelot dihukum mati.

Pada saat yang sama, pemerintah berusaha membujuk mereka untuk membelot dan menjalankan pusat-pusat rehabilitasi untuk membantu mereka kembali ke masyarakat. Tiga di antara pembelot itu duduk di depan saya di ruang gelap.

Ibrahim duduk di sebelah kiri. Tatapannya percaya diri, sepasang kaca mata hitam disematkan di kaus berkerah dan bercorak garis, jam tangan besar membalut tangannya dan mata besar berwarna cokelat berbinar di bawah topi bisbol. Ibrahim mengaku usianya 35 tahun.

Moulid berada di tengah. Badannya kurus dan mengenakan sandal kuning senada dengan kemeja kuningnya. Ia berusia 28 tahun.

Duduk di sebelah kanan adalah Ahmed. Jenggotnya rapi, kepalanya dibalut dengan selendang keffiyeh. Ia mengenakan kemeja biru cerah dan kaus warna yang sama. Ia berusia 40.

Mereka mengeluh.

Mereka tidak menyukai menu makan pagi yang ditawarkan di tempat yang aman yang terletak di dalam pagar kawat di bandara internasional Mogadishu.

"Ini bukan makanan kami yang biasanya, seperti panekuk dan biji kacang. Kami tidak suka air kemasan botol. Kami suka kehidupan yang sederhana dan air sederhana," kata Ahmed.

Malangnya, restoran bandara ini melayani selera internasional. Ada pizza, steak dan bir, bukan makanan Somalia.

Saya mulai mengatakan kepada tiga pria itu bahwa saya tidak akan menggunakan nama mereka yang sebenarnya, tidak akan mengambil foto dan tidak akan melaporkan sisi cerita mereka yang berpotensi menyulitkan mereka atau berbicara tentang hal-hal yang mereka rasakan tidak nyaman.

Ibrahim menyela saya.