Logo DW

AS Mulai Transisi Pemerintahan ke Joe Biden, Bagaimana Trump?

Joshua Roberts/REUTERS
Joshua Roberts/REUTERS
Sumber :
  • dw

Setelah mendapat izin resmi untuk memulai transisi pemerintahan Amerika Serikat (AS), Joe Biden mengatakan pada Selasa (24/11) bahwa dia menegaskan kembali komitmennya terhadap negara-negara sekutu AS.

Pada acara pengenalan tim kebijakan keamanan nasionalnya di Wilmington, Delaware, Biden mengatakan timnya akan mewujudkan keyakinannya bahwa “Amerika menjadi yang terkuat ketika bekerja sama dengan sekutunya."

Tim kebijakan keamanan nasional yang dibentuk Biden, termasuk Antony Blinken sebagai menteri luar negeri dan John Kerry sebagai utusan iklim.

"Ini adalah tim yang mencerminkan fakta bahwa Amerika telah kembali, siap untuk memimpin dunia, bukan mundur darinya," kata Biden di atas panggung, didampingi staf pilihannya yang mengenakan masker dan berdiri terpisah sejauh enam kaki.

Badan pemerintah yang ditugaskan untuk memulai proses transisi pemerintahan Amerika Serikat (AS), Administrasi Layanan Umum (GSA), mengatakan pada Senin (23/11) bahwa Joe Biden adalah "pemenang nyata" dalam pemilu AS 2020.

GSA mengatakan tim Biden mendapat dana federal sebesar $ 6,3 juta (Rp 89 miliar) untuk proses transisi, akses ke pengarahan intelijen negara, serta ruang kantor seluas 16.200 meter persegi untuk bekerja.

Dalam 57 hari menuju pelantikan Biden sebagai presiden ke-46 AS, DW merinci langkah-langkah apa saja yang selanjutnya yang akan dilalui Biden.