Logo DW

Hong Kong Pulihkan Stabilitas Politik Tanpa Oposisi

Tyrone Siu/REUTERS
Tyrone Siu/REUTERS
Sumber :
  • dw

Meski mengundang kecaman karena membungkam kebebasan berkespresi, UU Keamanan Nasional dipuji “efektif dalam memulihkan stabilitas,” kata pemimpin Hong Kong, Carrie Lam, dalam pidato tahunannya, Rabu (25/11).

Lam mengatakan UU tersebut mencegah krisis politik berkepanjangan. Dan mengembalikan normalitas kepada penyelenggaraan negara merupakan prioritas utama, kata dia.

UU Keamanan Nasional di Hong Kong digodok oleh pemerintah Cina untuk mengakhiri gelombang protes sejak lebih dari setahun silam. Demonstrasi antara lain dipicu oleh RUU Ekstradisi yang memungkinkan warga Hong Kong diadili di Cina.

Namun geliat perlawanan perlahan padam, menyusul penangkapan terhadap tokoh pro-demokrasi. Beberapa simpatisan oposisi juga dikabarkan sudah meninggalkan Hong Kong dan melanjutkan perlawanan dari luar negeri, antara lain Taiwan.

“Advokasi kemerdekaan Hong Kong dan kolusi dengan kekuatan eksternal semakin berkurang, sejumlah tokoh utama kini memilih diam dan organisasi-organisasi radikal sudah berhenti beroperasi atau bubar,” imbuh Lam dalam pidatonya.

“Setelah kerusuhan sosial selama setahun yang dibarengi rasa takut atas keselamatan pribadi, warga Hong Kong kini bisa kembali menikmati hak dasar dan kebebasannya, sesuai Undang-undang.”

Ketertiban politik tanpa oposisi