Akhirnya Xi Jinping Ucapkan Selamat ke Joe Biden

Presiden China, Xi Jinping
Sumber :
  • Twitter/@ChinaPresiden

VIVA – Presiden China Xi Jinping akhirnya memberikan ucapan selamat atas terpilihnya Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat. Xi menyatakan harapan kerja sama yang saling menguntungkan di tengah sejumlah konflik antara kedua negara.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Dalam pesan yang disampaikan hari ini, Xi mengatakan kepada Biden bahwa hubungan sehat dan stabil adalah harapan bersama dari komunitas internasional.

Baca juga: 10 Jenis Pekerjaan Ini Paling Dibutuhkan Usai Pandemi COVID-19

Rusia Makin Gencar Menyerang, AS Janji Secepatnya Akan Kirim Senjata ke Ukraina

"Kami berharap kedua pihak menjunjung tinggi semangat non-konflik dan non-konfrontasi, saling menghormati dan kerja sama yang menguntungkan, fokus pada kerja sama, mengontrol perbedaan dan mempromosikan hubungan yang sehat dan stabil," tulis pernyataan Xi, dilansir Al Jazeera, Rabu, 26 November 2020.

Ucapan selamat dari Xi berarti China menjadi salah satu negara besar terakhir yang memberi selamat kepada Biden. Meskipun tidak ada penjelasan mengapa China menunda menyampaikan selamat, namun para kritikus menduga China ingin menghindari hubungan yang tegang dengan Trump, yang belum mengakui kekalahannya.

Houthi Tuding Arab Saudi hingga Rusia, China dan Iran Mulai Satukan Kekuatan

Seperti diketahui, hubungan diplomatik China dan AS berada pada titik terburuk dalam beberapa dekade. Mulai dari masalah perang dagang hingga pandemi COVID-19. Pemerintahan Trump bahkan mengeluarkan rentetan sanksi atas Beijing. (ase)

Pre-order Seri iPhone 15 di Jakarta.

Harga Diri Apple sedang Dipertaruhkan

Apple diminta untuk menciptakan iPhone murah seperti HP Android pada umumnya. Namun, saran ini sepertinya sulit dilaksanakan karena Apple tidak ingin menurunkan standar.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024