Pasien COVID-19 di Korea Utara Mati Kelaparan

Ilustrasi Virus Corona COVID-19.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA - Pasien COVID-19 di Korea Utara mati kelaparan dan menderita dalam kondisi yang menyedihkan selama berada dalam karantina yang menyerupai penjara.

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

Menurut informasi sebagian besar dari mereka yang dibawa ke sembilan fasilitas karantina itu diabaikan dan ditahan, tidak didiagnosis, tidak menerima perawatan untuk COVID-19 dan mereka dipaksa tidur di lantai.

Beberapa yang datang hanya dengan gejala ringan seperti demam, akhirnya jatuh sakit dan meninggal karena kekurangan gizi. Hal ini diketahui menyusul laporan yang menyebut adanya peningkatan tajam jumlah warga Korea Utara (Korut) yang ditempatkan di lokasi karantina.

Kim Jong Un Dikabarkan Punya Selingkuhan Seorang Penyanyi, Hingga Punya Anak Bersama

Baca juga: Bank Dunia Kucurkan Rp177 Triliun untuk Vaksin COVID-19

Dilansir dari Mirror, rezim brutal Kim Jong-un bahkan melarang warganya mengucapkan kata-kata 'virus corona' dan penyakit menular. Jika seorang pasien meninggal, tubuhnya dikremasi di lokasi tersebut dan sisa jenazahnya kemudian dikirim ke keluarga tanpa penjelasan apapun.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Para pasien di fasilitas karantina mengeluh kelaparan dan merasakan cuaca dingin yang ekstrem karena tidak ada pemanas ruangan. Pasien diberi makan tiga kali sehari, namun makanan yang diberikan hanya sup garam dan nasi jagung.

"Jika ada yang meninggal, jenazah akan dikremasikan dimasukkan ke dalam paket dan diberikan kepada keluarga. Tidak ada cara untuk memastikan apakah sisa-sisa jenazah itu memang anggota keluarga sebenarnya atau mungkin orang lain," ungkap salah satu sumber.

Belakangan, kasus COVID-19 mulai banyak terdeteksi di Pyongyang, namun pemerintah Korea Utara menolak membangun fasilitas karantina di Ibu Kota. Sebaliknya pasien dikirim ke fasilitas karantina di luar pulau.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya