Logo BBC

Paus Fransiskus Angkat Kardinal Berkulit Hitam Pertama dari AS

Wilton Gregory (kanan) adalah kardinal keturunan Afrika-Amerika pertama.-EPA
Wilton Gregory (kanan) adalah kardinal keturunan Afrika-Amerika pertama.-EPA
Sumber :
  • bbc

Paus Fransiskus mengangkat 13 kardinal baru, Sabtu (28/11). Satu di antara pejabat senior baru di Gereja Katolik Roma itu merupakan imam asal Amerika Serikat yang berdarah Afrika, bernama Wilton Gregory.

Gregory dilantik pada sebuah seremoni di Vatikan. Seluruh peserta upacara itu mengenakan masker wajah. Beberapa peserta lainnya ikut serta melalui video.

Gregory merupakan Uskup Agung Washington DC yang berusia 72 tahun. Dia diumumkan akan menjadi salah satu kardinal baru, Oktober lalu.

Para kardinal yang kerap berjubah merah adalah pastor paling senior di Gereja Katolik Roma. Kedudukan mereka setingkat di bawah Paus.

Salah satu tugas mereka adalah memilih Paus. Pimpinan Vatikan yang dipilih dari kalangan kardinal, dalam pertemuan rahasia yang dikenal sebagai konklaf.

Merujuk ketentuan Vatikan, karena empat kardinal baru berusia di atas 80 tahun, mereka tidak akan diizinkan memberikan suara pada konklaf berikutnya.

Sembilan kardinal baru yang berhak memberikan suara di forum itu, selain Gregory yang berasal dari AS, berkewarganegaraan Italia, Malta, Rwanda, Filipina, Chile, Brunei Darusalam, dan Meksiko.