Logo DW

Pemakaman Jenderal Ahli Nuklir Mohsen Fakhrizadeh, Iran Menangis

FARS
FARS
Sumber :
  • dw

TV pemerintah Iran hari Senin (30/11) menyiarkan upacara pemakaman Mohsen Fakhrizadeh. Peti matinya diusung pengawal kehormatan ke mimbar yang disiapkan di area Kementerian Pertahanan di ibu kota Iran, Teheran. Para pejabat tinggi, termasuk Menteri Pertahanan Jenderal Amir Hatami, menghadiri upacara tersebut, duduk terpisah satu sama lain dan mengenakan masker karena pandemi virus corona.

Mohsen Fakhrizadeh, petinggi Garda Revolusi Iran dan ilmuwan nuklir terkemuka, tewas dalam sebuah serangan gelap terhadap iring-iringan mobilnya di pinggiran Teheran hari Jumat (27/11). Iran mengatakan Mohsen Fakhrizadeh tewas karena luka yang dideritanya ketika terjadi serangan dan baku tembak antara pengawalnya dan orang-orang bersenjata tak dikenal. Mohsen Fakhrizadeh tertembak beberapa kali ketika keluar dari mobil antipelurunya.

Mohsen Fakhrizadeh Mahabadi adalah seorang brigadir jenderal di Korps Garda Revolusi Iran. Dia seorang ilmuwan dan ahli fisika yang turut mendirikan program nuklir militer Iran tahun 2000-an.

Iran akan lakukan pembalasan atas pembunuhan ahli nuklirnya

Iran menyalahkan Israel atas serangan itu, namun Israel menyangkal tuduhan tersebut. Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei hari Sabtu (28/11) menyerukan agar para pembunuh Mohsen Fakhrizadeh dihukum. Ketua parlemen Iran Mohammad-Bagher Ghalibaf hari Minggu (29/11) menyerukan agar ada "reaksi keras" yang akan "membalas dendam" pada mereka yang berada di balik pembunuhan itu.

Di Iran muncul perdebatan sengit tentang bagaimana dan kapan harus membalas pembunuhan ilmuwan nuklir terkemukanya. Parlemen Iran juga menuntut agar inspeksi internasional terhadap situs nuklir Iran dihentikan.

Namun Presiden Iran Hassan Rouhani menekankan bahwa negaranya tidak akan terburu-buru masuk ke dalam "perangkap" dan akan membalas pada "waktu yang tepat."