Logo BBC

Ilmuwan Nuklirnya Tewas, Mengapa Iran Tuduh Israel Pelakunya?

Peti jenazah Mohsen Fakhrizad ditandu tentara Iran.-Reuters
Peti jenazah Mohsen Fakhrizad ditandu tentara Iran.-Reuters
Sumber :
  • bbc

Iran menuduh Israel dan kelompok oposisi yang diasingkan menggunakan senjata yang dikendalikan dari jarak jauh untuk membunuh ilmuwan nuklir terkemuka, Mohsen Fakhrizadeh, pada Jumat (27/11) lalu.

Kepala keamanan Iran, Ali Shamkhani, mengatakan para penyerang "menggunakan peralatan elektronik" ketika mobil Fakhrizadeh diserang di bagian timur ibu kota Teheran.

Dia menyampaikan pernyataannya di upacara pemakaman Fakhrizadeh, seorang ilmuwan yang oleh Israel dituduh diam-diam membantu mengembangkan senjata nuklir.

Israel belum secara terbuka mengomentari tuduhan keterlibatannya.

Pada awal 2000-an, Fakhrizadeh memainkan peran penting dalam program nuklir Iran, tetapi pemerintah berkeras bahwa aktivitas nuklir negara itu sepenuhnya untuk tujuan damai.

Iran telah dikenakan sanksi keras dari negara-negara Barat yang bertujuan untuk mencegah perkembangan senjata nuklir di negara itu.

Bagaimana ilmuwan itu meninggal?

Penuturan versi Iran tentang apa yang terjadi telah berubah secara signifikan. Meski demikian, tampaknya Fakhrizadeh terluka parah ketika mobilnya dihujani peluru di Absard, sebelah timur Teheran.

Saat serangan terjadi, sebuah bom di dalam truk pikap Nissan juga dilaporkan meledak.