Logo BBC

Suasana Gedung Putih Hari-hari Terakhir Presiden Trump di Sana

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Di tengah hari-hari terakhir masa kepresidenan Donald Trump, suasana suram terasa di Gedung Putih sementara upaya menantang hasil pemilihan umum gagal di sejumlah pengadilan.

Brian Morgenstern, wakil direktur komunikasi, mengenakan jaket dengan logo Gedung Putih, di kantornya di West Wing. Jaketnya tertutup rapat-rapat seolah dia akan keluar. Kantornya, beberapa pintu dari kantor presiden, Oval Office, gelap, dengan tirai ditutup.

Trump, Thanksgiving
Getty Images
Trump kembali ke Gedung Putih setelah merayakan acara Thanksgiving dengan keluarganya.

Bosnya, sang presiden, berada di bagian lain Gedung Putih. Saat itu, Donald Trump, tengah berbicara dengan Rudy Giuliani, kepala legal, dalam upayanya menantang hasil pemilu, dengan sejumlah legislatif yang berkumpul untuk apa yang mereka "dengar pendapat." Telepon Trump didengar oleh semua yang hadir di hotel di Gettysburg, Pennsylvania.

"Pemilu ini dicurangi dan kita tidak dapat membiarkan ini terjadi," kata presiden melalui telepon.

Morgenstern memonitor pertemuan itu melalui layar komputernya, dan tidak begitu konsentrasi. Ia sempat memutar kursinya dan berbicara dengan seorang pengunjung tentang perguruan tinggi, real esat, bisbol, seperti layaknya renungan atas capaian presiden.

Upaya Trump untuk menantang hasil pemilu di Pennsylvania gagal hari Jumat (27/11) lalu setelah apa yang disebut "dengar pendapat". Gugatan ini juga tak memiliki landasan legal kuat.

Hakim banding mengatakan tidak ada "dasar" untuk gugatan ini. Kepastian tentang perolehan suara menunjukkan presiden terpilih Joe Biden menang di negara bagian itu dengan lebih dari 80.000 suara.