Logo ABC

Satu Lagi Universitas Australia Berencana Hapus Kelas Bahasa Indonesia

Pada bulan September lalu dilaporkan sejumlah karyawan termasuk akademisi di Murdoch University terancam kehilangan pekerjaannya karena kesulitan keuangannya.
Pada bulan September lalu dilaporkan sejumlah karyawan termasuk akademisi di Murdoch University terancam kehilangan pekerjaannya karena kesulitan keuangannya.
Sumber :
  • abc

Murdoch University yang berada di negara bagian Australia Barat telah mengonfirmasikan rencana mereka untuk menutup program bahasa Indonesia di tahun 2021.

- Mahasiswa yang mendaftar program bahasa Indonesia di Murdoch University kurang dari 10 orang dalam tiga tahun
- Pakar menilai menutup program bahasa Indonesia di universitas bertentangan dengan kepentingan nasional Australia
- Komitmen Australia soal pentingnya menjaga hubungan dengan negara tetangga di Asia dipertanyakan

Kepada ABC Indonesia, Murdoch University mengatakan mereka telah mengambil "keputusan yang sulit" untuk menghentikan tiga disiplin ilmu, yakni Bahasa Indonesia, teater, serta drama dan radio.

Ada sejumlah alasan lain yang mempengaruhi rencana ini, seperti tantangan di tengah pandemi COVID-19, perubahan model pembiayaan untuk universitas oleh Pemerintah Federal, serta memastikan jika program yang ditawarkan bisa terus berlanjut.

"Kami menyesali rencana penangguhan penawaran program kuliah bahasa Indonesia ini, namun dengan kurang dari sepuluh orang yang mendaftar setiap tahunnya selama tiga tahun terakhir, maka sulit dilakukan," ujar juru bicara Murdoch University.

Rencana penutupan program bahasa Indonesia di Murdoch University ini hanya selang beberapa pekan setelah La Trobe University di Melbourne yang juga mengumumkan akan menghentikan program bahasa Indonesia di tahun depan.

Asosiasi mahasiswa kelas bahasa Indonesia mengeluarkan petisi online untuk menyelamatkan program yang sudah ditawarkan sejak tahun 1989.