Logo BBC

Imam Islam di Prancis Harus Teken Nilai-nilai Piagam Republik Ini

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Pemerintah Prancis akan mengambil apa yang mereka sebut tindakan yang belum pernah dilakukan sebelumnya, dengan menyasar masjid-masjid yang dicurigai menyuburkan ekstremisme.

Menteri Dalam Negeri, Gerald Darmanin, mengatakan 76 masjid akan menjadi sasaran dalam beberapa hari ke depan, sebagian akan ditutup.

Salat di masjid besar Prancis, pada 30 Oktober 2020.
EPA
Salat di masjid besar Prancis.

Presiden Emmanuel Macron mengumumkan sejumlah langkah menyusul serangan oleh kelompok ekstremis, termasuk pemenggalan seorang guru yang menunjukkan karikatur Nabi Muhammad kepada para muridnya.

Langkah ini termasuk rancangan undang-undang baru untuk mencegah apa yang disebut separatisme Islam dan mengurangi pengaruh asing terhadap Muslim Prancis.

Dewan Muslim Prancis akan bertemu Presiden Macron pekan ini untuk mengumumkan pasal baru dalam Piagam menyangkut nilai-nilai republik bagi para imam, yang harus mereka tandatangani.

Dewan Muslim, (CFCM), yang mewakili sembilan asosiasi Muslim, dilaporkan diminta untuk mencantumkan pasal pengakuan nilai-nilai republik, menolak Islam sebagai gerakan politik dan melarang pengaruh asing.

"Kami tidak setuju dengan semua hal di Piagam ini dan apa yang akan ditambahkan," kata Chems-Eddine Hafiz, wakil presiden CFCM dan pemimpin masjid besar Paris.