Logo DW

Hebat, Bus Listrik Buatan Polandia Merajai Pasar Eropa

Ministerstwo Inwestycji i Rozwoju
Ministerstwo Inwestycji i Rozwoju
Sumber :
  • dw

Produsen bus listrik terbesar ketiga di Eropa, Solaris, bergabung dengan MAN Truck & Bus dari Jerman untuk membangun fasilitas produksi di Starachowice, Polandia selatan Oktober lalu. MAN adalah anak perusahaan salah satu perusahaan otomotif terbesar dunia, Volkswagen (VW).

Unit produksi bus listrik di Polandia itu akan mengirimkan 17 bus listrik pertamanya ke perusahaan transportasi umum (VHH) di Hamburg akhir tahun ini. Sedangkan operator bus terbesar Swedia, Nobina Sverige, sudah mendapat 22 bus, dan pesanan lainnya masih menunggu.

"Investasi baru MAN meningkatkan posisi Polandia di segmen transportasi umum tanpa emisi," kata Jan Wisniewski dari Asosiasi Bahan Bakar Alternatif Polandia, PSPA, kepada DW.

Produsen Bus Listrik Terbesar Eropa

Perusahaan Volvo di Wroclaw saat ini merupakan satu-satunya fasilitas produksi bus listrik yang sudah dioperasikan sejak lama untuk memproduksi bus listrik. Pabrik itu baru-baru ini memenangkan tender untuk lebih 850 kendaraan semacam itu. Perusahaan Skania juga memproduksi bus listrik di kota Slupsk di Polandia utara.

Diperkirakan sekitar sepertiga dari semua bus listrik di Eropa diproduksi di Polandia, dipimpin oleh Solaris Bus & Coach, yang sejak 2018 dimiliki oleh CAF Spanyol. Mateusz Figaszewski dari Solaris mengatakan kepada DW, datangnya MAN ke Polandia untuk masuk sektor bus listrik bukan kejutan besar.

"Sangat menyenangkan Polandia dilihat sebagai tempat yang canggih untuk membuat produk semacam itu, dan pasti akan membantu rantai pasokan di negara ini. Kami sendiri fokus ke pasar internasional yang jauh lebih luas, jadi itu tidak banyak mempengaruhi kami," katanya. Dia menambahkan, Solaris juga mencermati kemungkinan produksi bus listrik bertenaga hidrogen.