RI Desak Malaysia Rampungkan MoU Perlindungan TKI

Menlu Retno Marsudi
Sumber :
  • Kemlu RI

VIVA – Pemerintah hingga kini terus memonitor kondisi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) berinisial MH, yang menjadi korban penyiksaan oleh majikannya di Kuala Lumpur, Malaysia. Saat ini MH tengah dirawat di Rumah Sakit Kuala Lumpur.

Nasib Baik Pak Leman Perusak Patok Batas RI Malaysia saat Disergap TNI

"Kita terus memonitor kondisi MH di Rumah Sakit Kuala Lumpur. Kondisi yang bersangkutan saat ini stabil dan semakin membaik," kata Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, Kamis 3 Desember 2020.

Baca jugaRibuan Buruh Industri di Bekasi Dites Swab, Tempat Karantina Disiapkan

Ini Penampakan Patok Batas RI Malaysia yang Dirusak Saat Ditemukan TNI

Kemlu telah menghubungi pihak keluarga MH di Indonesia. Direncanakan, Kedutaan Besar RI di Kuala Lumpur akan memfasilitasi video call antara MH dan keluarganya di Indonesia.

MH merupakan WNI pekerja domestik di Kuala Lumpur yang diselamatkan oleh Polis Diraja Malaysia pada 24 November lalu, karena mengalami penyiksaan. Penyelamatan dilakukan setelah adanya laporan dari LSM Tenagakita kepada PDRM.

10 Tahun Kabur ke Malaysia, Pembunuh di Jember Akhirnya Ditangkap

Menurut keterangan KBRI Kuala Lumpur, MH disiksa oleh majikannya dengan cara dipukul menggunakan benda tumpul, disiram air panas, mengalami luka sayatan akibat benda tajam bahkan tidak diberi makanan.

Atas insiden ini, Kemlu telah memanggil Duta Besar Malaysia untuk Indonesia untuk menyampaikan kecaman lantaran kasus ini terus berulang terhadap pekerja migran Indonesia.

"Kasus MH ini menjadi wakeup call mengenai pentingnya membangun koridor migrasi aman bagi pekerja migran sektor domestik Indonesia ke Malaysia," ujar Retno.

Saat ini, Nota Kesepahaman Penempatan dan Perlindungan PMI Sektor Domestik Indonesia di Malaysia sudah habis masa berlakunya. Untuk itu, pemerintah mendorong penyelesaian perundingan MoU ini, guna memastikan perlindungan penuh bagi pekerja migran Indonesia mulai dari keberangkatan, saat bekerja hingga kembali ke Tanah Air. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya