China Kembangkan Program Eksperimental, Kendalikan Langit dan Cuaca

Bendera China.
Sumber :

VIVA – Pemerintah China tengah mengembangkan program eksperimental untuk mengontrol cuaca, dengan menentukan langit di atas area yang mencakup jutaan kilometer.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Dewan Negara mengatakan akan meningkatkan kemampuannya untuk menciptakan salju, hujan atau langit cerah yang indah ke 'tingkat lanjutan' pada tahun 2035. Pemerintah China akan secara drastis memperluas program modifikasi cuaca eksperimental, sehingga mencakup area yang lebih dari 1,5 kali luas India.

Menurut sebuah pernyataan, China akan memiliki sistem modifikasi cuaca yang dikembangkan mulai tahun 2025, berkat terobosan baru dalam penelitian.

Mobil Listrik Toyota bZ3C dan bZ3X Resmi Meluncur, Begini Tampilannya

Baca juga: Skeptisme Sains di Gereja Ortodoks Yunani Hadapi Realita Pandemi

Dalam lima tahun ke depan, area yang tertutup salju dan hujan yang telah ditentukan sebelumnya akan mencapai 5,5 juta kilometer persegi, sementara lebih dari 580 ribu km persegi akan dicakup oleh teknologi pencegah hujan es.

Joe Biden Sahkan Undang-undang yang Membuat Tiktok Terancam Diblokir

Dilansir dari Daily Star, China memang sudah lama ingin mengendalikan langit dalam upaya melindungi pertanian dan memastikan cuaca bagus untuk acara-acara penting. China juga akan melanjutkan operasi cuaca buatan di daerah-daerah utama seperti dataran tinggi Qinghai-Tiber, serta zona perlindungan ekologi utama Sungai Yellow and Yangtze.

China juga akan mengembangkan kemampuan ilmiahnya dan membangun pangkalan eksperimental dan laboratorium untuk meningkatkan kemampuannya menginduksi atau mencegah hujan, menghilangkan kabut, dan meningkatkan kualitas udara.

Ilustrasi cuaca panas.

Panas Ekstrem Melanda Thailand, 30 Orang Tewas

Thailand mengeluarkan peringatan baru tentang cuaca panas ekstrem dimana pemerintah mengatakan sengatan panas telah menewaskan sedikitnya 30 orang tahun ini.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024