Logo BBC

Puluhan Aksi Pembobolan Bank Mirip Film Hollywood Teror Brasil

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Nora akan meminta salah satu putranya untuk mengecilkan volume TV, karena ia pikir suara video game anaknya terlalu keras.

Namun, ibu dua anak itu, yang namanya telah diubah karena alasan keamanan, dengan cepat menyadari bahwa suara tembakan yang dia dengar itu nyata. Suara itu berasal dari luar apartemennya. 

Nora dan keluarganya menyaksikan awal penggerebekan bank yang terjadi menjelang tengah malam pada tanggal 30 November di Criciuma, sebuah kota industri di negara bagian Santa Catarina, Brasil selatan.

Selama dua jam, satu kelompok dengan 40 pria menguasai kota yang berpenduduk sekitar 210.000 orang itu.

Geng itu tersebut bersenjata lengkap - sumber polisi mengatakan kepada BBC bahwa gambar CCTV menunjukkan salah satu pria membawa senjata rocket launcher yang mampu menembak jatuh pesawat dan menggunakan taktik canggih untuk menargetkan cabang-cabang bank dan ATM di pusat kota.

(Tweet dari surat kabar Brasil Diario de Pernambuco dan video yang menunjukkan staf dewan dipaksa duduk di penyeberangan pejalan kaki sebagai tameng manusia di Criciuma.)

Mereka bahkan menyandera pekerja dewan, mengerahkan mereka sebagai tameng manusia untuk melindungi mereka dari polisi setempat, yang markas lokalnya juga diserang.

Geng tersebut membakar kendaraan untuk membarikade jalan dan ada laporan terjadi ledakan.

Uang di jalanan

Polisi mengatakan pada 1 Desember bahwa empat warga telah ditahan setelah mereka meraup lebih dari US$150.000, atau setara Rp2.1 miliar, dari jalanan.

Uang kertas itu ditinggalkan oleh geng tersebut.