Logo BBC

Politikus Eropa Ini Disorot, Ikut Pesta Seks Gay Saat Lockdown

Jozsef Szajer berupaya kabur dari polisi, namun aksinya menjadi tajuk utama pemberitaan di Eropa.-EUROPEAN PARLIAMENT
Jozsef Szajer berupaya kabur dari polisi, namun aksinya menjadi tajuk utama pemberitaan di Eropa.-EUROPEAN PARLIAMENT
Sumber :
  • bbc

Tidak sulit mencerna bagaimana petualangan politisi Hongaria, Jozsef Szajer, menjadi tajuk utama pemberitaan di media massa Eropa pekan lalu.

Pada satu sisi, ada sorotan mengenai dampak terhadap kesehatan masyarakat ketika seorang politisi menghadiri pesta di sebuah kafe di Brussels bersama 25 tamu lainnya yang jelas merupakan pelanggaran protokol kesehatan saat karantina wilayah alias lockdown di Belgia.

Di sisi lain ada kemunafikan. Bagaimana bisa seorang penyusun pelarangan pernikahan gay dalam konstitusi Hongaria berada di satu ruangan penuh pria-pria telanjang dalam acara yang disebut surat kabar setempat sebagai `pesta seks`?

Ada pula sisi komedinya ketika seorang anggota Parlemen Eropa berupaya kabur dari lokasi kejadian dengan memanjat pipa talang air.

Jozsef Szajer, salah satu pendiri partai ultra-konservatif Fidesz, mengaku "kesalahan langkahnya" murni pribadi dan seharusnya tidak dipandang sebagai cerminan atas negaranya atau komunitas politiknya.

Tapi imbauan Szajer boleh jadi tidak didengar khalayak umum.

eropa
Getty Images
Anggota Parlemen Eropa dari Hongaria itu ditangkap saat berupaya kabur dari bar di Brussels dengan memanjat pipa talang air.