Logo DW

Ada Penyakit Misterius, India Selidiki Senyawa Beracun Pestisida

AP/picture alliance
AP/picture alliance
Sumber :
  • dw

Pada Selasa (08/12), otoritas India tengah menyelidiki apakah senyawa organoklorin yang digunakan sebagai pestisida atau pembasmi nyamuk menjadi penyebab tewasnya satu orang lebih dari 400 orang lainnya dirawat di rumah sakit di negara bagian selatan Andhra Pradesh dalam beberapa hari terakhir.

Penyakit misterius ini telah menginfeksi lebih dari 300 anak, dengan kebanyakan dari mereka menderita pusing, pingsan, sakit kepala, dan muntah. Sementara tes COVID-19 mereka menunjukkan hasil negatif.

Anggota parlemen federal GVL Narasimha Rao, yang berasal dari Andhra Pradesh, lewat cuitan di akun Twitter-nya mengatakan bahwa dia telah berbicara dengan para ahli medis pemerintah dan bahwa "penyebab yang paling mungkin adalah senyawa beracun organoklorin."

"Itu salah satu kemungkinannya," kata Geeta Prasadini, direktur kesehatan masyarakat di negara bagian Andhra Pradesh. Prasadini menambahkan bahwa pihaknya tengah menunggu laporan pengujian untuk memastikan penyebabnya.

Dia mengatakan tidak ada penambahan kasus serius serupa dalam 24 jam terakhir.

Penyakit misterius muncul akhir minggu lalu

Penyakit ini pertama kali terdeteksi Sabtu (05/12) malam di Eluru, sebuah kota di India yang terkenal akan kerajinan kain tenunnya. Dokter di rumah sakit setempat menyampaikan bahwa para pasien mengalami gejala muali dari maul, cemas, hingga kehilangan kesadaran.