Logo ABC

6 Laskar FPI Ditembak, Peneliti: Perlu Diusut Tanpa Muncul Konflik

Peristiwa penembakan diperkirakan akan semakin memperkuat sosok Rizieq Shihab dan pendukungnya akan menganggap jika FPI sedang diserang.
Peristiwa penembakan diperkirakan akan semakin memperkuat sosok Rizieq Shihab dan pendukungnya akan menganggap jika FPI sedang diserang.
Sumber :
  • abc

Sejumlah pihak meminta agar kepolisian harus bisa mengusut tuntas kematian enam orang yang tertembak mendampingi perjalanan rombongan Rizieq Shihab secara transparan dan independen.

Penembakan FPI:
- Belum diketahui pasti siapa yang menyerang duluan dalam peristiwa penembakan dan menewaskan enam orang
- Pakar dan organisasi hak asasi menyebut penembakan sebagai pembunuhan di luar hukum
- Pengusutannya akan menjadi tes bagaimana pemerintah melakukannya tanpa menimbulkan konflik

Keenam pria yang disebutkan sebagai "pengikut" imam besar Front Pembela Islam (FPI) dilaporkan tewas tertembak pada Senin dini hari (07/12).

Namun hingga kini kronologi peristiwa penembakan yang disampaikan oleh Kapolda Metro Jaya dan FPI berbeda.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengatakan anggotanya "terancam keselamatan jiwanya" karena mendapat serangan dengan menggunakan senjata api dan tajam dari kelompok yang diduga pengikut Rizieq.

"Anggota yang terancam keselamatan jiwanya karena diserang kemudian melakukan tindakan tegas dan terukur sehingga terhadap kelompok yang diduga pengikut MRS [Muhammad Rizieq Shihab] yang berjumlah 10 orang itu ada enam yang meninggal dunia," papar Fadil.

Bukti insiden penembakan FPI.jpg
Sejumlah barang bukti adanya penyerangan yang menyebabkan kematian enam pria yang disebut sebagai pendukung Rizieq Shihab dan FPI. (Antara, Sigid Kurniawan via Reuters)