67 Pekerja Migran Indonesia Dapat Pengampunan Pemerintah Oman

Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani
Sumber :
  • Dok. BP2MI

VIVA – Sebanyak 67 tenaga kerja Indonesia (TKI) atau pekerja migran Indonesia (PMI) dipulangkan ke Indonesia setelah mendapatkan pengampunan atau amnesti dari pemerintah Oman.

Cek Penerapan Aturan Impor untuk PMI di Bandara Soetta, Mendag Zulhas Temukan Ini

Pada tahap pertama, baru sebanyak 16 PMI yang pulang terlebih dahulu melalui Bandara Soekarno-Hatta. Sementara itu, sisanya akan dipulangkan pada 10 Desember 2020.

Para PMI pulang ke Tanah Air setelah mengikuti program amnesti Kesultanan Oman yang dimulai sejak 15 November 2020 hingga 31 Desember 2020. Lewat program itu, para pekerja asing yang bekerja di luar prosedur resmi bisa meninggalkan Oman tanpa dikenakan denda apa pun.

Paparkan Revolusi Ketenagakerjaan PMI, Kepala BP2MI Sebut Golden-Triangle Harus Kolaborasi Solid

"PMI ini berasal dari berbagai daerah yaitu Jawa Barat, NTB, Jawa Tengah, Lampung, Sulawesi Tengah, dan Jabotabek," kata Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani, Kamis 10 Desember 2020.

Benny menjelaskan, penjemputan dan kepulangan para TKI atau PMI dari kesultanan Oman ini merupakan hasil kerja kolaboratif dengan Kementerian Luar Negeri atau Kemenlu. 

Polisi Gagalkan Penyeludupan Puluhan PMI Ilegal di Perairan Sumut saat Menuju Malaysia

"Kerja-kerja ini butuh sinergi kelembagaan, Alhamdulillah hari ini mereka tiba dengan selamat dan kami akan pulangkan sampai kampung halaman," ujar Benny.

Menurut Benny, seluruh PMI yang dipulangkan dibiayai oleh negara. Baik PMI resmi maupun yang tidak resmi juga diurus.

"Yang paling penting, jika ingin bekerja pilihlah secara benar, sesuai prosedur, ini yang harus diketahui oleh masyarakat. Kalau ingin berangkat lagi silakan, pemerintah tidak punya hak untuk menghalangi. Pemerintah siap memfasilitasi jika ingin berangkat. Pilih cara-cara yang benar dan bisa melalui Dinas Tenaga Kerja atau UPT BP2MI," lanjut dia. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya