Logo DW

Inggris dan UE Masih Harus Kerja Ekstra Demi Kesepakatan Brexit

Olivier Hoslet/AFP
Olivier Hoslet/AFP
Sumber :
  • dw

Inggris dan Uni Eropa (UE) akan melanjutkan pembicaraan tentang perjanjian perdagangan bebas Brexit. Sebelumnya, pertemuan pada Minggu (13/12) yang diprediksi akan menjadi ''Hari Penentuan'' belum juga menghasilkan kesepakatan.

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengatakan kedua pihak "bertanggung jawab untuk bekerja ekstra" demi mencapai kesepakatan.

"Kami telah memberi mandat kepada negosiator kami untuk melanjutkan pembicaraan dan untuk melihat apakah kesepakatan masih dapat dicapai pada tahap akhir ini," katanya.

Pernyataan bersama ini dibacakan usai pertemuan dengan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson.

Johnson mengatakan Inggris tidak akan meninggalkan pembicaraan Brexit, namun harus bersiap untuk ''Hard Brexit'', yaitu proses keluarnya Inggris dari Uni Eropa tanpa kesepakatan.

"Kami akan terus membicarakan kesepakatan. Inggris pasti tidak akan meninggalkan pembicaraan. ... Hal yang paling mungkin sekarang adalah kita harus bersiap-siap untuk pembicaraan persyaratan WTO, persyaratan Australia," kata Johnson.

Sebelumnya, pada Minggu (13/12), kepala negosiator dari UE dan Inggris melanjutkan upaya mencapai kesepakatan tentang hubungan dagang Inggris-UE di masa depan. David Frost perwakilan Inggris dilaporkan meninggalkan pembicaraan kesepakatan setelah satu setengah jam rapat, untuk menjalankan misi diplomatik Inggris di Brussels.