Hillary Clinton Usul Electoral College Dihapus dari Pemilu AS

Hillary Clinton
Sumber :
  • Twitter.com/@HillaryClinton

VIVA – Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Hillary Clinton, kembali mengusulkan agar pemilihan presiden dengan menggunakan sistem Electoral College dihapuskan.

Pilpres Bikin Facebook Alergi Politik

Pada pemilu 2016 lalu, Clinton mencalonkan diri sebagai presiden dari Partai Demokrat. Dia memenangkan suara populer nasional, namun kalah dari Electoral College sehingga Donald Trump menang sebagai presiden.

Dalam Pemilu 2020 ini, Hillary didampingi suaminya yakni mantan presiden Bill Clinton, memberikan suaranya untuk Joe Biden dan pasangannya Kamala Harris. Clinton merupakan salah satu elector dari negara bagian New York.

AS Waspadai Serangan Teroris dari Orang-orang Kecewa Hasil Pilpres

Dilansir dari Sputniknews, Selasa, 15 Desember 2020, dalam cuitannya lewat akun Twitter @HillaryClinton, dia menyampaikan pendapat bahwa presiden harus dipilih dengan suara populer.

Usulan untuk menghapus sistem Electoral College yang terdiri dari 583 pemilih berdasarkan suara populer negara bagian, dimulai sejak 2016. Saat itu, Hillary Clinton memenangkan suara populer dengan hampir tiga juta suara, namun terpaksa harus menyerahkan kemenangan kepada Donald Trump.

Catatan SBY soal Drama Politik AS yang Bisa Dipetik Pecinta Demokrasi

Setelah kekalahannya itu, Hillary Clinton yang sebelumnya telah diproyeksikan oleh jajak pendapat dapat mengalahkan Trump, berusaha menjelaskan hasil pemilu dan menyebut kekalahannya disebabkan badan Electoral College yang misterius.

"Saya pikir itu perlu dihilangkan. Saya ingin melihat kita melangkah lebih jauh," ujar Hillary Clinton.

Baca juga: Dokter di Singapura Dihukum, Rekam 3.000 Pakaian Dalam Wanita

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya