Logo DW

Kedubes AS di Baghdad Jadi Sasaran Tembakan Roket

Reuters/Str
Reuters/Str
Sumber :
  • dw

Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) yang terletak di Zona Hijau Baghdad menjadi sasaran serangan roket pada Minggu (20/12). Pejabat keamanan Irak yang tak ingin diketahui identitasnya mengatakan kepada kantor berita AP bahwa sistem pertahanan C-RAM Kedubes AS telah berhasil menghalau roket.

Namun, roket itu menyebabkan kerusakan pada kompleks perumahan dan mobil yang diparkir di sekitar area Kedubes AS. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

"Kedutaan Besar AS mengonfirmasikan bahwa roket yang ditargetkan ke Zona Internasional (Zona Hijau) berhasil digagalkan oleh sistem pertahanan kedutaan," kata Kedubes AS lewat pernyataan tertulisnya, seraya menambahkan bahwa kompleks perumahan di sekitar Kedubes AS mengalami beberapa kerusakan kecil.

"Kami menyerukan kepada semua pemimpin politik dan pemerintah Irak untuk mengambil langkah-langkah untuk mencegah serangan semacam itu dan meminta pertanggungjawaban mereka yang bertanggung jawab,'' kata pernyataan itu.

Ledakan terdengar di seluruh Baghdad

Joyce Karam, koresponden The National, membagikan video roket yang berhasil dicegat dan menuliskan di Twitternya bahwa kedutaan AS telah "menjadi sasaran serangan Roket Katyusha dan mortir."

Sementara, wartawan AFP di Baghdad mendengar sedikitnya lima ledakan keras.