Logo DW

Konflik Internal Memanas di Palestina Jelang Pemilu

Reuters/Mohammed Salem
Reuters/Mohammed Salem
Sumber :
  • dw

Mahmud Abbas yang saat ini berusia 85 tahun diyakini akan lengser menyusul janjinya menggelar pemilihan umum di Tepi Barat Yordan, pada 2021 mendatang. Pemilu Kepresidenan ini adalah pemilihan pertama di Palestina sejak dia naik tahta 2005 silam.

Pengumuman Abbas tersebut sekaligus mengawali perebutan kekuasaan di antara faksi Palestina. Kantor berita AFP mengabarkan, rival politik Abbas di Jalur Gaza yang selama ini terpinggirkan, mulai giat membangun basis dukungan.

Menurut analisa Middle East Institute, saat ini ada tiga figur sentral Palestina sedang bergulat untuk menjadi pewaris kekuasaan Abbas. Mereka adalah kedua tokoh kuat Hamas, Yahya Sinwar dan Ismail Haniyeh, serta pelarian politik Fatah, Mohammed Dahlan, yang juga bekas kepala keamanan di Gaza.

Dahlan pernah menggalang perang saudara melawan Hamas pada tahun 2007. Dalam pertempuran singkat itu pasukan Fatah yang dia pimpin kalah telak, dan dibuat kocar-kacir. Alhasil Hamas merebut Gaza dan Dahlan beberapa tahun kemudian dilengserkan Abbas.

Dia lalu melarikan diri ke Abu Dhabi dan menjadi penasehat politik bagi Pangeran Mohammed bin?Zayed. Bertahun setelahnya, nama Dahlan kembali mencuat usai dituduh ikut membidani normalisasi hubungan diplomasi antara Uni Emirat Arab dan Israel.

Tapi ketika pengaruh Sinwar dan Haniyeh dianggap terbatas di Jalur Gaza, di Tepi Barat, Dahlan menjelma menjadi momok politik bagi Fatah dan Otoritas Palestina.

Kisruh di Tepi Barat