Brasil Laporkan Vaksin COVID-19 Buatan Sinovac Ampuh 50-90 Persen

Ilustrasi Vaksin COVID-19.
Sumber :
  • Dok. KPC-PEN

VIVA – Tingkat keampuhan vaksin COVID-19 buatan Sinovac Biotech Ltd, CoronaVac, mencapai 50-90 persen. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Negara Bagian Sao Paulo, Jean Gorinchteyn merujuk pada hasil sementara uji klinis tahap III di Brasil.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Hasil lengkap uji coba CoronaVac akan diumumkan oleh pusat riset biomedis Sao Paulo, Butantan Institute pada 7 Januari 2021 nanti.

Jean mengatakan hasil uji coba vaksin saat ini hanya diketahui oleh Butantan, lembaga yang menjalin kerja sama dengan Sinovac untuk memproduksi CoronaVac.

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus dan Timbulkan Korban Jiwa, KAI Soroti Disiplin Lalu Lintas

"Uji coba tahap pertama menunjukkan tingkat keampuhan vaksin COVID-19 itu melewati angka 50 persen, tetapi di bawah 90 persen. Capaian itu memenuhi syarat badan pengawas kesehatan Brasil, Anvisa," kata Jean saat diwawancarai radio CBN, dikutip Sabtu 26 Desember 2020.

Meski demikian, dirinya mengakui Departemen Kesehatan Sao Paulo belum menerima hasil lengkap uji klinis CoronaVac, karena merupakan permintaan dari Sinovac. Sehingga, perusahaan akan meninjau terlebih dahulu data yang tersedia sebelum mengumumkan hasil akhirnya.

Belasan Kali Erupsi di Gunung Api Ile Lewotolok Lembata NTT

Butantan akan mengumumkan hasil lengkap uji klinis tahap akhir CoronaVac pada 7 Januari 2021, kata pihak institut melalui surat edarannya.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan Brasil pada Jumat melaporkan total 7.448.500 orang di Brasil terkonfirmasi positif COVID-19 dan 190.488 di antaranya meninggal dunia.

Butantan pada Rabu 23 Desember 2020 menolak menyebutkan angka spesifik tingkat keampuhan vaksin karena terikat aturan dalam perjanjian dengan Sinovac. Namun, penolakan itu membuat banyak pihak mempertanyakan transparansi dari Sinovac dan Butantan.

Setidaknya, 130 ribu orang di Brasil telah mengikuti uji coba tahap akhir CoronaVac.

Sedangkan, untuk hasil uji coba vaksin di Turki menunjukkan tingkat keampuhan CoronaVac mencapai 91,25 persen, informasi itu diumumkan otoritas setempat.(ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya