Logo BBC

Kisah George Blake, Agen Ganda Mata-mata Soviet dan Inggris

George Blake mengatakan kepada BBC bahwa ia telah mengkhianati lebih dari 500 agen badan intelijen Inggris, MI6.-PA Media via BBC
George Blake mengatakan kepada BBC bahwa ia telah mengkhianati lebih dari 500 agen badan intelijen Inggris, MI6.-PA Media via BBC
Sumber :
  • bbc

George Blake, mantan agen badan intelijen Inggris MI6 dan salah satu agen ganda termasyur pada saat Perang Dingin, meninggal dunia pada usia 98 tahun, menurut laporan media Rusia.

Selama sembilan tahun, mata-mata Soviet ini membocorkan informasi yang berujung pada pengkhianatan terhadap setidaknya 40 anggota agen MI6 di Eropa Timur.

Ia dipenjara di London pada 1960, namun melarikan diri pada 1966 dan kabur ke Rusia.

Badan Intelijen Luar Negeri Rusia (SVR) mengatakan Blake "memiliki cinta yang tulus untuk negara kami".

Kematiannya, yang dilaporkan oleh media milik pemerintah Rusia, RIA Novosti, dikonfirmasi oleh Sergei Ivanov, kepala dari biro pers SVR.

Presiden Rusia Vladimir Putin menggambarkannya sebagai "profesional yang luar biasa dengan keberanian dan daya tahan hidup khusus ".

"Selama bertahun-tahun upaya keras dan beratnya, ia memberikan kontribusi yang benar-benar tak ternilai untuk memastikan keseimbangan strategis dan pelestarian perdamaian di planet ini," katanya dalam pesan belasungkawa.

"Hati kami akan selalu menghargai kenangan hangat dari pria legendaris ini."