Logo BBC

Joe Biden Mengeluh 'Dijegal' saat Siapkan Transisi Kekuasaan

Presiden-terpilih AS Joe Biden mengeluh tak menerima informasi dan data penting soal pertahanan. - Reuters via BBC Indonesia
Presiden-terpilih AS Joe Biden mengeluh tak menerima informasi dan data penting soal pertahanan. - Reuters via BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Sekitar tiga pekan menjelang pelantikannya sebagai presiden Amerika Serikat, Joe Biden mengeluh dirinya tak mendapatkan dukungan yang semestinya untuk menjalankan tugas.

Secara lugas, ia menuduh departemen penting, seperti Kementerian Pertahanan, tidak memberinya informasi yang diperlukan untuk melakukan transisi kekuasaan.

Biden mengatakan timnya menghadapi "penjegalan dari para pejabat politik senior".

Biden juga mengeklaim bahwa lembaga-lembaga yang sangat penting bagi keamanan AS telah mengalami "kerusakan besar" di bawah kepemimpinan Presiden Donald Trump.

Biden mulai menjabat pada 20 Januari, tetapi Presiden Trump sejauh ini tetap menolak untuk mengakui kekalahan. Tidak ada pernyataan formal yang mengakui kemenangan Biden di pemilihan presiden November lalu.

Menurut Biden, selama berminggu-minggu usai pemilihan presiden tanggal 3 November, pihaknya tidak mendapatkan pengarahan intelijen penting, bagian esensial dan biasanya bersifat rutin dari proses transisi ke presiden yang baru.

Setelah Trump akhirnya setuju untuk mengizinkan proses transisi berjalan secara formal bulan lalu, Biden memuji Gedung Putih atas bantuannya dalam proses tersebut.