Logo DW

Pertama Kali, Korban Tewas Harian Covid-19 di Jerman Lebih dari 1000

Waltraud Grubitzsch/dpa/picture alliance
Waltraud Grubitzsch/dpa/picture alliance
Sumber :
  • dw

Jerman mencatat total 1.129 kematian akibat virus corona dalam 24 jam terakhir, lapor Robert Koch Institute (RKI), Rabu (30/12). Ini adalah pertama kalinya lebih dari 1.000 kematian harian akibat COVID-19 dilaporkan di negara tersebut.

Rekor sebelumnya adalah sebanyak 962 kematian dalam 24 jam - tercatat pada Rabu pekan lalu. RKI juga mencatat 22.459 infeksi baru virus corona dalam kurun waktu 24 jam yang sama.

Tingkat kematian harian yang tinggi terjadi saat Jerman berada di fase lockdown kedua. Sebagian besar toko, bersama dengan bar, klub, dan restoran tutup. Sekolah dan pusat penitipan anak sebagian besar juga ditutup. Langkah-langkah tersebut ditetapkan untuk berlaku hingga setidaknya 10 Januari.

Jerman, bersama dengan banyak negara Uni Eropa lainnya, juga mulai meluncurkan vaksinasi mulai 27 Desember lalu, dengan para lansia dan pekerja perawatan kesehatan di sebagai penerima pertama.

Menteri Kesehatan Jerman Jens Spahn dan Presiden RKI Lothar Wieler akan mengadakan konferensi tentang peluncuran vaksin, Rabu (30/12).

Pemerintah federal dan negara bagian diperkirakan akan membahas tindakan lebih lanjut pada 5 Januari mendatang.

vlz/rzn (Reuters, AFP)